Sabtu, 15 Juni 2013

Bubur Kacang Hijau Rasa Kopi

halooo, ketemu lagi ya dengan saya Anggi mamanya Azka Hayza
masih dalam rangka share resep yang sudah pernah di ujicoba di dapur saya
sekarang saya mau share resep dari kacang hijau

sebenarnya tujuan beli kacang hijau kemarin itu mau buat MPASinya Azka, tapi karena terlalu banyak, jadi dibagi dua, setengah lagi mau buat bubur kacang hijau rasa kopi. tapi yang buat MPASi Azka belum tau mau diolah jadi apa, tunggu wangsit dulu ^_^

Oiya selalu pilih kacang hijau yang masih berwarna hijau yaa, yang butirannya masih bulat utuh, dan tidak ada debu, binatang kecil atau apapun, karena itu menandakan bahwa kacang hijau tersebut sudah tidak segar lagi, terlalu lama disimpan. Ciri lainnya adalah ketika dicuci banyak yang sudah kempes, dan mengambang dipermukaan air. Kemarin saya beli yang sudah agak jelek, jadi perlu waktu lumayan untuk memisahkan kacang yang masih bagus, dan membuang yang jelek. Saran saya jika kacang hijau sudah dibeli tapi belum sempat untuk mengolahnya, maka simpan dalam plastik rapat, dan taruh di lemari es. Hal ini akan mencegah kacang hijau berkutu (saya pernah mengalaminya hiiiii gara-gara disimpan diruangan terbuka didapur)

Oke kembali ke resep, saya dapat dr webnya resep kita, dengan sedikit modifikasi tentunya hehe. Sebenarnya usaya pakai ukuran kira2 saja ya. Cicipi saja untuk tingkat kemanisan yang diinginkan. Untuk resep asli bisa dilihat disini

Bubur Kacang Hijau rasa Kopi

Bahan :
100 g kacang hijau
1000 ml air
5 sdm susu kental manis
3 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
1 sachet kopi instan

Cara membuat :1. Rebus kacang hijau dengan air sampai merekah
2. Masukkan susu kental manis, gula pasir, garam, dan kopi instan, aduk hingga rata
3. Masak sebentar hingga matang, angkat dan sajikan

Mudah kan?
meskipun simpel tapi rasanya woooowww gurih manis dari kopi dan susu kental manis
patut dicoba untuk variasi lain dari bubur kacang hijau


Tidak ada komentar:

Posting Komentar