Jumat, 14 Juni 2013

Sapaan Perkenalan

Assalamualaikum Wr. Wb
bismilahirrohmannirrohim..

Selamat pagi duniaaaaa...
Senang rasanya mulai menyapa teman semua di blog baru ini ^_^
hmmm tujuan punya blog ini sih lebih ke penasaran aja, gimana ya rasanya punya blog hehe, norak ya? gak apa-apalah daripada sok tahu, iya kan?

Gara-gara sering berkunjung ke grup di facebook yg Indonesian Foodblogger jd ngiler ngeliat orang-orang hebat ( yang rata-rata ibu rumah tangga ) bisa menghasilkan resep-resep makanan yang enak dan tampilan yang menarik, jadilah saya mimpi punya blog juga, yang berisi hasil trial saya mencoba resep dari sumber sana-sini

Pengen bgt suatu saat blog ini berguna bagi orang lain, terutama yang sedang belajar masak, saya bisa masak enak, punya bakul kue, punya toko kue, haaa mimpi di pagi hari..gak apa-apa dong mimpi yang suatu saat bisa terwujud aamiin 

sebenarnya dari dulu saya tertarik dalam dunia masakan dan kue, dibuktikan dengan rituall tahunan membuat kue lebaran bersama mama saya, tapiiii saya hanya sebatas tukang aduk dan tukang cetak saja ^_^, urusan bahan dan takaran itu sih mama yang menyiapakan hehe, jadi ketika kue gagal ( seriiingg ) saya tidak yahu dimana salahnya, dan itu yang membuat saya tidak tetarik belajar lebih jauh tentang masak memasak dan bikin kue

Passion baking datang lagi setelah punya anak, dan harus mulai menyiapkan MPASI ( Makanan Pendamping Asi ), karena saya mau makanan anak saya buatan sendiri mulailah saya bergabung dengan milis mpasirumahan dan grup di facebook Healthy Homemade Baby Food, daaannn disana banyak sekali resep-resep enak bertebaran, mulai deh saya kalap coba satu-satu, ada yang berhasil ada juga yang gagal -___-

Disini saya akan mencoba berbagi resep-resep yang sudah saya coba aplikasikan di dapur kecil saya, semoga bermanfaat ya ^_^

Resep pertama ini Gravy Hati Ayam, diambil dari web mpasi rumahan,dibuat dengan modifikasi bahan yang tersedia di dapur, resep asli bisa dilihat disini
Gravy ini bisa dibekukan, sehingga ketika dibutuhkan tinggal diambil secukupnya sesuai keperluan, teknik frozen food ini sangat membantu dan menghemat waktu untuk para ibu bekerja, namun tetap ingin memberikan makanan rumah untuk buah hatinya

Gravy Hati Ayam

Bahan :
1 sdm minyak goreng baru
1 siung bawang putih cincang
100 g hati ayam yang sudah dicuci bersih
250 ml air matang
1 batang daun bawang, iris halus
1 buah tomat merah, potong kecil
2 buah kentang ukuran sedang, potong kotak

Cara membuat :
1. Tumis bawang putihdengan minyak goreng sampai harum
2. Masukkan hati ayam dan air, masak sampai hati berubah warna
3. Masukkan kentang, tomat dan daun bawang, masak selama 15 menit dengan api kecil sampai matang
4. Haluskan dengan menggunakan blender
5. Masukkan ke dalam cetakan es batu, bekukan
6. Setelah beku keluarkan dari cetakan, dan pindahkan ke dalam plastik ziplock perporsi makan, beri label, simpan dalam freezer untuk stok

Hasil gravy hati ayam ini wangiiii bgt, dicicipi rasanya juga gurih meskipun tidak menggunakan gula garam ( untuk anak dibawah 1 tahun). Makanan ini juga tinggi zat besi dari hati ayam, ditambah kandungan vitamin C dari tomat yang akan memaksimalkan penyerapan zat besinya. Tambahan kentang sebagai sumber karbohidrat juga sebagai double karbo bila dimakan dengan nasi lembek atau bubur, sehingga cocok bagi yang sedang mengejar kenaikan berat badan anak.

Semoga bermanfaat
Maaf  tidak ada fotonya, kelupaan foto-foto hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar