Kamis, 21 November 2013

Roti Bantal Ubi Ungu

assalamualaikumm..

masih ada sisa ubi ungu,,hmm lebih tepatnya sih belum di apa-apain ubi ungunya dari beli hihi.
semalem ngidam roti banget, tapi males ngulenin sampe kalis elastis, lebih lama lagi nunggu ngembangnya, bisa sampe 1 jam,,kalo kelamaan karena ketiduran takut over fermentasi jd asem dari raginya.

Sibuk browsing cari resep roti yang gampang, akhirnya dapet resep ini dari grup fb Dapur Sehat Ibu.
resep asli disini cuma pake terigu aja, jadi roti putih biasa, karena saya mau pake ubi ungu ( dalam rangka menghabiskan stok ) jadi resepnya seperti biasa saya modif seenaknya hehehe.


saya bikin 1/3 dari resep asli,,biasa irit telur dan bahan, kan percobaan pertama kalo gagal ga banyak kebuang hihi
Dibawah ini resep yang udah 1/3 ya..
saya pakenya measurement cup dan sendok makan, soalnya ga punya timbangan hehe

Roti Bantal Ubi Ungu
Bahan :

1 cup terigu serbaguna
1/2 cup ubi ungu yang sudah dikukus dan dihaluskan ( saya pake garpu untuk menghaluskan )
2 sdm margarin dan 1 sdm butter tawar
2 sdm gula pasir
1 butir telur, kocok lepas
1/2 sdm ragi instan ( saya pake fermipan )
sejumpit garam
80 ml air hangat

Cara membuat :
1. tuang air hangat dan gula dalam mangkuk besar yg bersih, tuang ragi, aduk sebentar, tutup dengan serbet bersih, diamkan 5 menit hingga berbusa.
2. masukkan telur, mentega leleh.
3. terakhir masukkan terigu, ubi ungu halus, dan garam.
4. aduk menggunakan sendok kayu hingga rata. olesi permukaan dengan mentega leleh (sisa yang tadi sedikit )
5. tutup dengan plastic wrap. masukkan kulkas bawah semalaman. oiya adonan ini lengket dan lembek banget ya
6. paginya keluarkan dari kulkas, diamkan 30 menit.
7. Karena adonan lengket, saya pake 2 buah sendok untuk bikin bulatannya, langsung tata dalam loyang yang sudah dioles margarin dan ditabur terigu tipis ( saya pake loyang 18x18 cm )

8. fermentasikan 30 - 45 menit.
9. panaskan oven 200 derajat api bawah, panggang selama 15 menit ( 5 menit terakhir saya pakai api atas bawah )
10.setelah matang oles permukaan roti dengan margarin


hmm pagi-pagi dapur saya udah wangi roti hehe,, enak empuk rotinya, ga pakai isi juga sudah manis dari ubinya
cocok buat teman minum teh atau kopi di pagi hari

Resep ini berguna banget buat saya yang doyan ngemil roti, tapi ga mau ribet ngulenin hehe


Tidak ada komentar:

Posting Komentar