Rabu, 19 Februari 2014

Carrot Cake

Assalamualaikum
lagi rajin bikin kue nih ceritanya posting mulu ?
hihihi ga tau juga sih, kemaren2 ga semangat sampai Azka aja makannya sama telor atau teri mulu
mungkin ngeliat amahnya males-,alesan masakin buat dia, Az jadi makannya juga ogah-ogahan -__-
sampai akhirnya saya kemaren dikomplain sama amihnya, karena ga nyiapin cemilan, atau buah, atau jus buat Az, jadilah amihnya beli wafer tango di warung depan rumah
jiahhh jleb banget yakk


Abisnya kalo disiapin macem2 suka ga kemakan, Az lebih suka makan masakan amihnya sih
jadi makan Az yang saya buat suka ga kemakan
makanya kemaren itu saya males buat masak atau bikin kue
curcol dehh jadinya hihi


baiklahhh anggap aja komplain ini sebagai lecutan buat saya supaya masak dengan hati lagi
ehh ternyata bener loh, apah masak sayur sop dan Azka mau makan
untuk menandingi apah, maka saya buat carrot cake hahahaha
*apa sih ini lomba nyiapin makan anak gitu hihihi




sebenernya sih saya udah lama baget pengen bikin carrot cake ini, asal resepnya dari milis NCC, saya udah nyontek dari blog orang-orang sampe lupa darimana aja dapetnya hihi
tapi yang jelas para blogger juga mengacunya dari blog Mbak Rianareview orang-orang yang udah nyobain bikin ini : ENAK dan must try
nah loh penasaran kannn? makanya ayoo mari kita bikin carrot cakenyaaa

Resep aslinya silahkan liat link tadi ya
yang saya tulis disini udah setengah resep, dan ada modifikasi sedikit hehe
inspirasi dari Mbak Aini


Carrot Cake


Bahan :
2 butir telur
1/3 cup gula pasir
1 sdm gula merah yang diiris tipis
1/4 sdt garam
1/2 sdt emulsifier
1 cup + 1 sdm tepung terigu serbaguna
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1 cup wortel parut halus ( saya pakai parutan keju, adanya cuma ini hihi )
1 sdt kayu manis bubuk
70 ml minyak sayur (aku pakai sunco)
segenggam kismis ( opsional, bisa ga dipakai )


Cara Membuat :
1. Siapkan loyang 18x18x7 cm,oles tipis minyak goreng dan alasi kertas roti. oles minyak goreng lagi, Sisihkan.
2. Panaskan oven suhu 180 derajat, api atas bawah
3. Campur dan ayak bahan kering seperti terigu, baking powder, soda kue, kayumanis bubuk, Sisihkan.
4. Kocok telur, garam, gula pasir dan gula merah hingga mengembang dan kental berjejak, menggunakan mixer kecepatan tinggi
5. Masukkan campuran bahan kering dan wortel parut sedikit demi sedikit sambil terus dikocok dengan mixer speed rendah.
6. Matikan mixer, masukkan kismis, Aduk rata dengan menggunakan spatula.
7. Masukkan minyak sayur, aduk balik perlahan hingga tercampur rata.
8. Tuang adonan ke dalam loyang dan panggang suhu 180'C selama 30 menit api bawah aja ( api atas dimatikan) lalu 5 menit terakhir pakai api atas aja ( api bawah dimatikan biar ga gosong ), Lakukan tes tusuk yaa..
9. Angkat dari oven, biarkan hangat sebentar dan keluarkan dari loyang.


Hasilnyaaa beneran cake yang enak bangeettt, perpaduan gula merah dan kayumanis itu bikin cakenya wangi
ga terasa ada parutan wortelnya
oiya saya pakai gula putihnya lebih sedikit dari resep asli, karena apah dan Azka ga terlalu suka manis


Aslinya carrot cake ini disajikan dengan olesan cream cheese frosting, tapi karena lagi ga punya keju, susu, dan butter makanya saya ga bikin cream cheese gadungan hehe





Tidak ada komentar:

Posting Komentar