Rabu, 05 Februari 2014

Molten Lava Cake

Assalamualaikum

wahh tampaknya saya lagi rajin nih, udah update blog lagi aja hehe
mau cerita tentang masakan terbaru saya nihh, buatnya sore2 pulang kerja
ditemenin sama Az di dapur, dia sibuk maen kulit telor, sampe bajunya bau amis
belom lagi numpahin adonan telor + gulanya, welehhh sabarrrr
gini nih kalo buat kue barengan sama Azka, dianggapnya maenan kali yah

oke kali ini saya bikin Molten Lava Cake
yeahhh setelah lama cuma bisa baca resep, akhirnya memberanikan diri bikin cake ini hihi
hmm alasannya kenapa ga bikin dari dulu adalah yang pertama takut gagal, hahah alasan klasik seorang pemula
soalnya dari bahannya pakai butter dan Dark Cooking Cokelat ( DCC ) yang lumayan mahal ya, ga selalu tersedia dirumah
Terus yang kedua juga takut kematengan, nantinya ga ada lelehan lavanya dong, malah jadi brownies, soalnya waktu panggangnya jadi titk kritis buat menentukan apakah cake ini akan menjadi Molten Lava atau malah jadi Brownies
saya yang masih belum sreg juga sama oven Kirrin 190 RAW untuk urusan panggang cake, belum tahu harus pakai api apa. kalo api bawah aja, bagian atas kue masih basah dan lama matengnya
kalo pakai api atas bawah, cepet gosong, duhhh masih belum ketemu triknya nih
Alasan ketiga adalah cetakan ! yup di resep2 yang saya baca Molten Lava ini panggangnya pakai ramekin, biar mudah dikeluarkan dari cetakan ketika masih panas, ga lengket gitu lohh
nahh saya ga punya ramekin, adanya juga cetakan muffin satuan ( yang dulu sengaja beli untuk bikin Molten Lava ini hihi )
tp cetakan muffin ini lengket sodara-sodara, soalnya suka saya pakai buat kukus dan puding jg sih, hehe jadi cetakan serbaguna deh *emak-emak ga mau rugi hahaha
makanya saya ragu-ragu mau pakai cetakan ini, takutnya nanti Molten Lava Cake saya ga bisa dikeluarin dari cetakan, dan lengket kemana-mana deh

oiya kenapa akhirnya saya berani bikin cake ini kan tadi alasannya bahannya mahal hehe
yaah karena akhirnya saya nemu blog yang bikin Molten Lava Cake ini pakai margarin dan cokelat bubuk yeahhh
cek disini yah untuk tau lebih lengkapnya
hahaha akhirnya bisa belajar bikin Molten Lava Cake versi ekonomisnya dulu hehe
ini dia penampakan Moten Lava Cake ala Anggi
looks so yummy, huh?
liat lelehan selai kacangnya hmmm enakkk
oiya pemakaiam selai kacang liat di Urban cook hehe




Molten Lava Cake

Bahan:
4 sdm margarin
2 sdm cokelat bubuk
1 butir telur
3 sdm gula pasir
1/2 sdt vanilla essens > saya ga pakai
3,5 sdm tepung terigu
Sejumput garam
1 sdm selai kacang 

Peralatan:
cetakan muffin satuan yang dioles margarin tipis-tipis.

Cara Buatnya:

  • Panaskan oven dengan suhu 200 derajat Celcius.
  • Lelehkan margarin, angkat. Tambahkan cokelat bubuk, aduk rata dan sisihkan.
  • Kocok telur, gula pasir dan vanilla essens sampai sedikit berbusa (cukup pake whisk atau garpu ). 
  • Tambahkan campuran cokelat, garam dan tepung terigu. Aduk rata.
  • Tuang setengah adonan ke dalam ramekin. Letakkan selai kacang di bagian tengah. Tuang sisa adonan.
  • Panggang dalam oven selama kurang lebih 10 menit sampai bagian atasnya sedikit menggembung dan sudah mengering.
  • Angkat. Dinginkan sebentar. Sajikan hangat.

Hasilnya adalah Molten Lava Cake yg meleleh dengan suksesnya, adonan cake dan selai kacang mantap manis gurih
oh menurut saya jangan diamkan selama 5 menit, cukup 2-3 menit saja, biar lelehannya makin mantap
kalo 5 menit agak sedikit mengeras bagian cakenya
harus langsung dimakan hangat-hangat, karena dingin sedikit adonan cake dan selai kacang sudah tidak meleleh lagi

1 resep ini jadi 4 buah cetakan muffin, lumayan untuk sekali habis
kalo mau buat banyak, mungkin bisa disimpan dalam wadah tertutup
harus dihangatkan kembali biar selai kacangnya meleleh
eh tapi kurang tau jg, kalo dihangatkan lg adonan cakenya malah semakin matang dong ya? jadi brownies deh hehe

ternyata cetakan muffin ini bisa dipakai, ga lengket pas mengeluarkan cakenya
hmm sepertinya akan buat versi mahalnya, yang pakai butter dan DCC
makin mantap deh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar